Hanya Blogger kecil yang terus berusaha memperindah karyanya.
Chibaku attack
Memberi bukan berarti mengasihi
Hariadi's Blog
 photo cooltext965760884_zpsa9336cd1.gif

Iklan

Sejarah ANIME

tentunya kalian pernah mendengar kata anime, anime bukanlah cartoon karena cartoon dibuat oleh amerika sedangkan anime dibuat oleh jepang, tapi saat ini kita tidak akan membahas tentang perbedaan antara cartoon dan anime melainkan, sejarah singkat ANIME

Tahun mulai dibuatnya ANIME

Anime pertama kali dibuat pada tahun 1907. Namun, pada masa itu anime di jepang terbatas untuk beberapa orang, kerena masa itu animasi tidak sepopuler sekarang.

Istilah nama "ANIME"

Istilah Anime mulanya merupakan bahasa Inggris "Animation" yang di eja sebagai a-ni-me-syon (アニメーション). Dikarenakan kebiasaan orang Jepang untuk memendekkan kata yang melebihi 4 huruf, kata syon(ション) dibuang dari perkataan a-ni-me-syon,dan menjadikannya a-ni-me (アニメ)saja. Istilah digunakan pada pertengahan tahun 1960-an, di mana sebuah majalah Jepang mulai membacakan animation sebagai anime. Dari sinilah, perkataan anime dilahirkan, dan digunakan sampai saat ini

Generasi pertama anime

Pada tahun 1910-1920an, animator untuk anime termasuk Shimokawa Oten, Kouchi Jun'ichi, Kitayama Seitaro.

Tidak banyak pembuatan dari generasi ini yang masih terdapat di dunia pada saat kini. Kebanyakan telah dihapus, hilang, dilisen oleh pihak-pihak lain dsb.

Generasi kedua anime

Murato Yosuji, Kimura Hakuzan, Yamamoto Sanae and Ofuji Noboro merupakan anak murid dari Kitayama Seitaro dan telah banyak berkerja di studio beliau.Pada tahun 1923, gempa bumi besar Kanto (Great Kanto earthquake) telah memusnahkan studio milik Kitayama sedangkan animator yang masiih berjuang mulai membuat studio animasi mereka sendiri.

dan pada masa itu, undang-undang untuk melindungi remaja mulai diberlakukan, yang mengakibatkan animasi dijepang harus disesuaikan dengan tontonan remaja/kanak-kanak yang di bawah umur 15 tahun.

Pada tahun 1918, sebuah anime yang dipanggil Momotaro (Peach Boy) telah dibuat dengan menggunakan kisah tempatan Jepang. Terdapat juga banyak siri-siri wayang yang dikisahkan menggunakan anime tersebut pada tahun 1920an, 1930an dan 1940an. Pada Perang Dunia Kedua, Anime bermasa pendek yang pertama telah dilahirkan dan diberi nama: Divine Sea Warriors (1945).Karena peperangan yang tidak ada hentinya di Jepang pada masa itu, anime tidak lagi dibuat dalam skala yang besar, sehinggalah Toei Animation dilahirkan.

Awal mula popularitas anime diseluruh dunia

Selain Toei Animation yang telah membuat debut pada tahun 1956, sebuah serikat anime yang besar dilahirkan Mushi Productions. Serikat tersebut dibangun oleh Osamu Tezuka, yang juga merupakan orang yang membuat anime pertama yang mendapat sambutan yang hangat di Jepang dan seluruh dunia, Astro Boy (Tetsuwan Atomu). Tetapi, akibat perbelanjaan yang terlalu tinggi, Mushi Productions jatuh bankrut.

Anime seperti Akira (1988) dan Wings of Honneamise (1987) tidak begitu laris di Jepang, tetapi mendapat sambutan yang hangat di Amerika Syarikat. Keluaran Studio Ghibli, seperti Kiki's Delivery Service (1989), karya Hayao Miyazaki pada masa itu, menjadi salah satu kemestian para peminat anime. Contoh karya Hayao Miyazaki yang paling mendapat sambutan ialah filem anime Spirited Away. Anime ini pernah memenangi anugerah Best Animated Feature di Academy Award. Anime Spirited Away juga pernah ditayangkan di Malaysia pada 2002


Related Post:

Posting Komentar - Back to Content

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers




Blog Traffic

Sedang mencoba menjadi yang terbaik... amin.